Blog

Optimasi SEO Offpage Yang Berkualitas

Optimasi SEO Offpage Untuk Mendapatkan Backlink Berkualitas

 

24 Desember Oleh Kharis Setiawan
Hasil gambar untuk Optimasi SEO Offpage
  Untuk Sebuah situs atau website Optimasi SEO Offpage Untuk Mendapatkan Backlink Berkualitas sangatlah penting selain link yang kita dapat dari lalu lintas, karena yang sudah kita ketahui untuk mendaptkan traffic yang baik dari lalu lintas untuk sekarang ini memang sulit sekali apalagi kalau kita hanya tahunya tentang seo hanya sekedar-sekedar saja, tentu hasilnya juga sekadar saja bukan … optimasi seo offpage melibatkan dari berbagai arah, mulai dari blog walking, link exchanges, media sosial dan link building. inilah unsur-unsur dari seo offpage.

Untuk memulai SEO Offpage sangat mudah namun tentu dengan trik-trik yang bagus juga untuk membangun seo offpage ini, strategi ini sudah diyakini oleh beberapa website yang sudah sukses, dan strategi seo ini sangat mempan sekali untuk mendapat backlink yang baik dan juga terkenal dibanyak kalangan. kata sederhana dari seo offpage adalah mencari backlink yang bukan dari lalu lintas atau dari serp atau dari search engine. jadi seo offpage dibangun diluar kata mesin, seperti itu kata sederhananya, lantas bagaimana cara mendapatkan backlink dengan optimasi seo offpage ?

Baca Juga : Obat Kutil Kelamin

Sosial Bookmark

 

 Tentu sudah tah sosial bookmark itu apa, kalau belum silahkan cari dulu di search engine google. saya lanjutkan dengan menggunakan sosial bookmark kita akan mendapatkan backlink yang cukup baik namun sosial bookmark bukan asal lempar link terus kita tunggu namun dengan banyak berinteraksi dengan mereka pengguna sosial ini, tentunya dengan interaksi yang baik akan mendatangkan pengunjung yang baik pula, sosial bookmark banyak sekali diantaranya adalah Digg, Pinterest, Delicious, StumbleUpon, Reddit dan masih banyak lagi.
 Baca Juga : Obat Diabetes

Artikel Directory

  Artikel directory digunakan untuk memperkenalkan website kita keberbagai orang atau pengguna dengan cara menulis artikel dan meninggalkan link website kita atau bahasa kerennya guest blogging atau link building, ini adalah strategi seo offpage yang sangat efektif untuk mendapatkan visitor dengan ini blog atau website kita akan dikenal.

Website Directory

Hasil gambar untuk website direktori
  Salah satu cara yang sebagian orang yang jarang dilakukan adalah submit ke website directory, sebenarnya ini bisa berdampak besar pada traffic blog atau website kita, kadang pada website baru untuk berada di page 1 google sangat sulit dan dengan cara menginputkan website kita pada website directory bukan tidak mungkin kita akan menduduki halaman serp di halaman pertama karena sebagian website directory mempunyai pagerank yang tinggi dan traffic yang bagus jadi jangan sia-siakan Optimasi SEO ini.

Web Forum

Hasil gambar untuk web forum

  Ini salah satu media yang bisa kita gunakan dalam promosi website. Forum merupakan tempat yang paling efektif untuk mendapatkan traffic, salah satu caranya adalah kita post komentar pada thread yang disediakan oleh forum tersebut dan kita tinggalkan signature yang diberi link ke website kita, thread harus sesuai dengan bahasan blog kita dan signature yang diberikan merupakan kata kunci yang kita pilih, ini cara yang baik untuk strategi seo offpage, jadi manfaatkan dengan baik.
Baca Juga : Obat Kanker

Social Media

 

Hasil gambar untuk social media

  Social media merupakan hal pokok dalam SEO dan bahkan google sudah melirik hal ini, social media untuk sekarang sangat di perhitungkan dalam mesin pencarian google dan termasuk dalam algoritma SEO mereka, karena google beranggapan social media merupakan tempat berkumpulnya banyak orang dari berbagai penjuru dunia dan jika kita mendapatkan visitor yang masuk melalui social media itu google menganggap visitor kita merupakan manusia yang benar-benar tertarik dengan website kita bukan robot yang sering menyusup ke website.
  Itulah kesimpulan saya tentang optimasi seo offpage untuk anda yang ingin membangun website, strategi bisa dari segala cara namun tetaplah kepada cara yang baik agar kita aman dari kata spam dan pinalti google ini praktek yang kurang baik untuk membangun website.
Iklan

Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Cara Membuat Artikel SEO Friendly

23 Desember 2016 Oleh Kharis Setiawan

  Artikel SEO Friendly adalah artikel yang mudah tampil di halaman pertama google untuk kata kunci yang terkait dengan topik yang di bahas. Misalnya, anda menulis artikel tentang “seo”, maka postingan anda akan muncul dengan keywords yang terkait dengan SEO.

Beberapa master seo memiliki teori yang berbeda-beda dalam memberikan tips-tips menulis artikel seo friendly, namun setidaknya ada beberapa kesamaan seperti kualitas artikel, penyematan keyword pada artikel, penautan pranala internal, dan sebagainya.

Namun dalam artikel saya kali ini akan memberikan sedikit tips yang berbeda dan tidak perlu bersusah payah, bahkan semua orang (mulai newbie hingga master) bisa menulis artikel seo friendly ala juragan cipir (lebaydotcom). Tapi hasilnya artikel anda akan tam[pil di halaman pertama google.

Baca Juga : Obat Kutil Kelamin

Tips & tricks menulis artikel seo friendly :

1. Buatlah Judul Yang SEO Friendly

Artinya, buatlah judul yang mengandung kata kunci atau keywords dan setidaknya terdiri dari 4-5 kata. Untuk mengetahui pelajaran sederhana namun penting tentang cara membuat judul postingan yang seo friendly.

Baca Juga : Cara Membuat Artikel Yang Berkualitas

2. Gunakan Teknik SEO OnPage Yang Baik

Seo onpage itu sangat penting menurut saya, bahkan untuk saat ini pada algoritma google yang baru, seo onpage bisa mengalahkan seo offpage seperti backlink. Diantaranya, berikan setidaknya satu pranala (link internal) di setiap postingan yang terkait dengan topik yang di bahas. Untuk mengetahui beberapa teknik SEO OnPage.

Baca Juga : Cara Optimasi SEO OnPage Mudah Dan Berkualitas

3. Perhatikan Jumlah Kata/Words

Jumlah kata dalam sebuah postingan sangatlah penting dan menjadi bagian dari algoritma google. Artikel yang terlalu sedikit akan dianggap kurang “kaya informasi “ oleh google, dan selain itu akan miskin kata kunci. Jumlah kata yang standar artikel SEO Friendly adalah minimal 300-500 kata/words. Namun terkadang jumlah tersebut belum cukup jika terjadi “duel seo” melawan artikel berbobot milik blog lain di page-one google.Bahkan khusus untuk blog berbahasa inggris, 300-500 kata/words tersebut belumlah cukup dan tidak akan mampu menghadapi kompetisi di mesin pencari melawan websitenya para master.
  
Baca Juga : Sejarah Singkat SEO

  ( i ) Pastikan artikel anda adalah 100% full orisinil dan memenuhi “3 kriteria artikel seo friendly” di atas untuk konten blog anda, maka semua artikel anda dijamin seo friendly dan selalu tampil di halaman pertama google, yahoo maupun bing.

Selamat mencoba membuat “Artikel SEO Friendly” untuk blog anda.

Apa Itu SEO ?

Apa itu SEO?


Kalau anda pernah melakukan pencarian website di Google, Yahoo!, Bing, atau mesin pencari lainnya, anda akan melihat daftar website yang relevan dengan pencarian anda.

Mesin pencari mengurutkan hasil pencarian tersebut bukan secara acak, tetapi berdasarkan tingkat relevansi dan kualitas website.

Ada banyak faktor yang digunakan oleh mesin pencari untuk menentukan kedua faktor tersebut.Inilah yang melatarbelakangi SEO.

SEO atau Search Engine Optimization adalah usaha-usaha mengoptimasi website untuk mesin pencari agar mendapatkan peringkat yang lebih baik di hasil pencarian.

Mesin pencari menggunakan algoritma tertentu untuk mengurutkan website-website berdasarkan rangking.
Dengan mempraktekkan SEO, berarti kita menyesuaikan website kita agar bersahabat dengan algoritma tersebut.

Mengapa SEO penting untuk website?

Sejak adanya mesin pencari seperti Google, hampir semua orang mencari informasi secara online melalui search engine.

1419852084_idea-128

Dari data yang dipublikasikan oleh Google, website yang menempati peringkat pertama sampai ketiga mendapatkan total klik kumulatif sebesar lebih dari 50%.
Peringkat pertama sendiri mendapatkan lebih dari 20%.

Ini menunjukkan betapa pentingnya SEO untuk website anda, dengan bantuan SEO anda bisa mendapatkan ribuan hingga puluhan ribu pengunjung per hari.

Lebih dari itu, pengunjung dari mesin pencari merupakan orang-orang yang haus akan informasi dan ingin membeli produk. Kalau anda memiliki sebuah bisnis online, pengunjung dari mesin pencari akan memiliki
tingkat konversi (conversion rate) terbesar.

SEO merupakan bagian dari inbound marketing yang merupakan teknik marketing modern di era digital.
Pemasaran inbound, termasuk SEO merupakan metode marketing yang memakan biaya terkecil dibandingkan teknik pemasaran tradisional.

Konsep dasar SEO

Google (dan mesin pencari lain) adalah sebuah produk. Mereka ingin supaya orang lain puas menggunakan layanan mereka.

Pengguna menginginkan supaya website terbaik yang relevan dengan pencarian muncul di halaman pertama. Karena itulah mesin pencari selalu ingin menampilkan hasil terbaik untuk setiap kata kunci yang dimasukkan pengguna.

Jadi inti dari SEO adalah jadikan website anda yang terbaik untuk kata kunci yang anda inginkan.
Oke..jadi yang terbaik. Tapi dalam segi apa?

  1. Konten yang disajikan
  2. Struktur dan navigasi
  3. Kepuasan pengguna (User Experience/UX)
  4. Popularitas

Dalam seri panduan SEO ini kita akan mempelajari bagaimana anda bisa menjadi yang terbaik daripada saingan anda.

Bisakah website saya sukses tanpa SEO?

Bisa!
Dengan memperhatikan konsep dasar SEO di atas, anda sebenarnya tidak perlu pusing memikirkan SEO. Tidak jarang orang yang memiliki website yang populer tanpa mengerti SEO.

Ini karena mesin pencari saat ini sudah pintar dalam mengasumsikan struktur halaman dan kualitas website.
SEO saat ini dalam prakteknya lebih dominan sebagai usaha marketing daripada teknikal.
Tapi..

Ada kemungkinan website anda masih butuh sedikit usaha lagi dari anda untuk bisa berhasil. Selain itu dengan mengetahui teknik SEO anda mengerti bagaimana membuat website yang sukses.

Apakah SEO bisa saya lakukan sendiri?

Ada banyak orang atau perusahaan yang menawarkan jasa SEO, tapi sesungguhnya SEO juga bisa anda lakukan sendiri tanpa menggunakan jasa.

Dengan adanya berbagai panduan SEO yang disediakan secara gratis di internet (termasuk panduan ini), anda bisa belajar otodidak dan mengaplikasikannya sendiri.

Anda bisa menghemat jutaan rupiah dengan melakukan optimasi sendiri.

Untuk website bersifat informasi yang strukturnya sederhana, anda kemungkinan besar tidak perlu menggunakan jasa SEO dan cukup mengandalkan panduan ini.

Tetapi kalau website anda punya struktur yang rumit misalkan toko online atau web-app, ada kemungkinan anda membutuhkan jasa SEO untuk menyederhanakan struktur agar ramah terhadap mesin pencari.

Cara Optimasi SEO OnPage Mudah Dan Berkualitas

Cara Optimasi SEO OnPage Mudah Dan Berkualitas

22 Desember 2016 Posted Kharis Setiawan
Optimasi SEO OnPage – Mungkin saat ini Anda sedang mencari cara optimasi seo onpage yang baik dimata mesin pencari itu bagaimana dan bahkan mungkin Anda mencari tehnik terbaik untuk SEO onpage pada website Anda! Jika itu benar, mungkin artikel inilah yang selama ini sedang Anda cari cari.

Semua pelaku seo menyadari bahwa, melakukan optimasi seo onpage dan off-page pada blog mereka itu berpengaruh pada peringkat baik di mesin pencari. Dan kita juga meyakini bahwa, tidaklah mudah untuk mendapatkan peringkat baik dimesin pencari (terutama Google), Kecuali Anda memiliki tehnik terbaik untuk membangun SEO On-Page dan Off-page  pada halaman situs Anda.

Kita tahu, salah satu cara terbaik untuk meningkatkan traffic blog adalah dari mesin pencari. Maka dari itu kita harus memahami apa itu SEO dan cara kerja SEO itu seperti apa. Nah, dalam artikel ini saya akan menjelaskan cara terbaik optimasi seo onpage pada situs Anda.

Sebelum kita melangkah dalam melakukan optimasi seo onpage pada blog, sebaiknya Anda tahu dulu apa itu SEO onpage?

Bagaimana cara optimasi seo onpage yang baik ya
Baca Juga : Obat Diabetes

Apa Itu SEO OnPage?

SEO onpage mengacu pada faktor-faktor yang berpengaruh pada halaman situs dalam pencarian organik di search engine. Faktor-faktor ini dikendalikan oleh Anda dengan coding yang terdapat pada halaman blog Anda. Contoh optimasi seo onpage pada blogspot atau wordpress termasuk kode aktual HTML, meta tag, penempatan kata kunci dan kepadatan kata kunci.

Tehnik Dasar Optimasi SEO OnPage Mudah Dan Berkualitas

Sebelumnya saya sudah menuliskan tentang cara optimasi SEO off-page pada situs kita, maka kali ini kita akan membahas tehnik seo onpage itu seperti apa sih? Sebagai berikut;

# Optimasi SEO Title Tage

Gunakan title tage sebagai tempat pertama untuk meletakkan kata kunci. Kata kunci yang di letakkan di awal judul akan lebih baik dari kata kunci yang di letakkan di tengah judul awal belakang judul, tapi tidak semua harus meletakkan kata kunci di awal judul.

Anda bisa meletakkan kata kunci di awal judul apa bila kata kunci itu bisa memikat calon pengunjung blog Anda dan apa bila menurut Anda kurang menarik Anda bisa meletakkan kata kunci di tengah atau belakang judul.

Contoh:

Pertama: Optimasi seo on page pada website – judul ini sangat bagus dan sangat tertarget kata kunci itu, karena kata kunci dari judul itu optimasi seo onpage.
Kedua    : cara terbaik optimasi seo onpage 2016 – contoh judul ini pun juga sangat bagus karena lebih memikat calon pengunjung blog Anda. Semakin menarik judul dan unik semakin banyak juga jumlah klik yang masuk pada situs Anda.

Dari contoh judul di atas yang mungkin menempati posisi utama dari penelusuran mesin pencari adalah nomer satu, tapi dari segi klik atau minat pengunjung tentu memilih nomer 2, karena lebih meyakinkan.

# Optimasi SEO Meta Description

Meta description adalah nomer dua setelah judul yang harus di optimalkan. Kenapa meta desription harus di optimalkan? karena ketika seseorang mencari informasi melalui mesin pencari, Mata pertama kali akan memandang judul sebagai pilihan artikel mana yang pas untuk di cari dan ke dua meta description yang relevan dengan judul, sama dengan mesin pencari, mesin pencari juga akan mencari sebuah deskripsi yang relevan dengan judul. contoh gampang saja ketika Anda mencari sesuatu di google, lihat judul dan descripsi, perhatikan yang tampil pada halaman utama pasti sangat relevan sekalikan, maka itu yang harus Anda lakukan juga.

Usahakan panjang descripsi 165 karakter, karena google hanya menampilkan 165 karakter saja, maka usahakan meta deskripsi Anda benar benar menarik agar calon pengunjung meleleh ketika membaca meta deskripsi blog Anda dan akhirnya mereka memutuskan untuk mengklik link yang masuk ke blog Anda.

# Optimasi SEO Link atau url

Url atau di sebut juga dengan link ini tidak kalah menarik dengan meta deskripsi. Sering kita jumpai alamat url yang bervariasi ada yang pendek dan ada yang memanjang, banyak perdebatan tentang masalah url ini ada yang mengatakan gunakan link yang panjang sesuai judul blog Anda, karena url akan tampil dan berperan penting sama seperti meta deskripsi dan ada juga yang bilang buatlah alamat url yang singkat dan mudah untuk di ingat oleh orang.

Dari sebuah perdebatan di atas, saya menyimpulkan lebih baik Anda menggunakan url yang singkat namun berisi, maksudnnya buatlah link yang singkat dan relevan dengan mengandung kata kunci.

Contoh 1:

http://www.buatblog.net/2015/02/optimasi-seo-on-page.html”

Dari contoh url di atas manusia atau mesin pencari pun akan mudah menyimpulkan bahwa artikel Anda menunjukkan tentang optimasi seo on page. Singkat jelas dan tertarget dengan kata kunci artikel.

Contoh 2:

http://www.buatblog.net/2015/02/cara-terbaik-optimasi-seo-onpage-2016”

Dari contoh nomer dua di atas, ya itu menunjukkan cara optimasi seo on page terbaik 2015, namun hrus di ingat, tidak semua alamat url akan tampil pada mesin pencari, biasanya hanya tampil beberapa bagian saja, maka kesimpulanya panjang url tidak semua menjadi lebih baik dan jelas itu susah untuk di ingat, walaupun sekarang jarang ada orang yang mengingat masalah url, biasanya orang selalu mencari sesuatu lewat mesin pencari, tetapi tidak ada salahnya untuk memperpendek url.

Seperti Google sendiri menyatakan 2 sampai 3 dari url adalah kata kunci lebih berbobot.

# Optimasi SEO Internal Link

Usahakan ketika Anda menulis artikel berikan internal link yang relevan dengan topik pembahasan Anda, seperti yang saya lakukan di atas, semua itu bertujuan untuk mendapatkan link juice, semakin banyak link juice akan berdampak positif bagi artikel kita.

Contoh banyak sekali internal link yang di berikan di situs Wikipedia, menurut wikipedia artikel yang baik adalah artikel yang memberikan internal link yang berkaitan dan relevan, begitu juga search engine juga menyukai artikel yang memiliki internal link yang relevan sebelum menentukan situs tersebut masuk di halaman pertama mesin pencari.

  • Apa Itu Link Juice?Apa Itu Link Juice? Link juice adalah istilah yan …
  • Cara Optimasi SEO Off Page Mudah dan BerkualitasMelakukan optimasi SEO off page itu sama halnya m …
cara optimasi seo on page

Baca Juga : Obat Kutil Kelamin

Namun saya saran saya tidak usah memberi terlalu banyak internal link seperti wikipedia, berikan 2 sampai 5 internal link itu sudah lebih dari cukup.

#  Optimasi SEO External Link

Selain memberi internal link pada sebuah artikel, external link juga sangat berpengaruh pada serp. Memberi External link atau link keluar dari situs kita, sangat membantu artikel kita menempati posisi baik di mesin pencari, apa lagi situs ersebut terbilang situs yang baru. Anda bisa mengambil contoh di situs MOZ, lihat cara mereka memberikan eternal link.

Anda harus tahu bahwa search engine spiders, melompat dari satu situs ke situs yang lain untuk mengumpulkan data yang relevan kemudian diseleksi baru di tentukan artikel mana yang relevan untuk tampilkan di halaman utama mesin pencari. Maka link keluar sangat berperan penting dalam SEO.

Kebanyakan dari kita pelit sekali memberi backlink untuk artikel yang biasa kita baca, padahal artikel tersebut memberi kita pelajaran yang bermanfaat bagi kita, apalagi dampak memberi link keluar untuk artikel kita sangat bagus. Untuk memberi external link, gunakan variasi Anchor text untuk target kata kunci agar lebih optimal.

# Optimasi SEO Pada Gambar

Gambar selain memberi artikel lebih berwarna dan mempermudah pembaca unuk memahami artikel kita, gambar juga memiliki dampak yang positive bagi situs kita, semakin pengunjung lama tinggal di situs kita, maka akan mendapatkan nilai plus bagi situs kita, karena semakin lama pengunjung tinggal di situs kita, akan mengurangi tingkat bouncing out rate. Seperti yang Anda tahu google menentukan artikel yang berkualitas juga melihat dari tingkat bouncing out rate, jika bouncing out rate Anda tinggi, artikel Anda akan di anggap tidak berkualitas oleh google.

alt tag merupakan optimasi seo yang digunakan untuk optimasi gambar, robot txt tidak bisa melihat gambar yang ada dipostingan kita, namun dengan menggunakan atribut alt ini robot txt bisa mendeteksi gambar di blog kita. semua platform website sudah banyak yang mendunkung dengan atribut ini, silahkan optimalkan gambar kalian agar gambar postingan kalain bisa berada dipencarian.

# Optimasi SEO H1 Tag Untuk Judul Artikel

Pastikan setiap judul artikel menempati posisi tag H1, dan pastikan tag H1 hanya ada satu dalam sebuah templat. Anda bisa cek judul artikel blog Anda dengan cara, silahkan klik salah satu artikel Anda kemudian blog judul postingan klik kanan kemudian Inspect Element akan muncul seperti: <hi class…> atau <h2 class…>. Lihat gambar di bawah ini:

optimasi seo blogspot

Baca Juga :  Obat Diabetes Denature

Sebenarnya hal ini tidak begitu rumit, karena jika Anda sudah menggunakan templat seo friendly yang gratis atau premium pun, biasanya sudah di setting TAG H1 untuk judul postingan, namun jika Anda masih menggunakan Templat bawaan blogger, silahakan Anda mengganti, karena templat bawaan blogger secara defoult H1 untuk judul blog dan dan H2 untuk judul postingan, Jadi hal ini tidak seo friendly. Silahkan baca 5 templat simple seo responsive terbaik.

# Mengoptimalkan Kata Kunci

Kata kunci sangat berperan penting dalam optimasi seo on page, maka melakukan riset kata kunci sebelum membuat artikel sanga di sarankan. Google sendiri sangat memperhatikan kepadatan kata kunci dan cara penempatan kata kunci, penempatan kata kunci yang relevan akan lebih mudah di index oleh search engine spider.

Kepadatan kata kunci juga sangat perperan, walaupun banyak di antara pakar seo menpunyai pandangan yang berbeda, ada yang bilang kepadatan kata kunci dengan kata kunci yang di ulang ulang asal tidak mengurangi kualitas artikel itu tidak masalah dan ada sebagian yang mengatakan kata kunci idak perlu terlalu banyak sekitar 3% dari artikel, karena semakin banyak kata kunci akan di takutkan sebagai spammer oleh google.

# Mengoptimalkan Kata Kunci Ekor Panjang

Secara garis besar kata kunci ekor panjang memang tidak sebanyak jumlah klik pada kata kunci Short tail keyword, namun mencari kata kunci ekor panjang akan berdampak baik pada artikel Anda. Terkadang apa bila kata kunci utama (short tail keyword) tidak bisa menempati posisi utama, karena kata kunci ini tergolong kata kunci populer tentu tingkat kesulitan untuk menempati posisi utama sangat sulit, maka kata kunci ekor panjang akan membantu Anda untuk menempati posisi utama, karena tingkat pesaing tidak terlalu banyak makja akan sangat mudah untuk menempati posisi itu.

Contoh kata kunci ekor panjang yaitu cara melakukan optimasi seo on page yang baik atau bisa juga cara optimasi seo onpage pada website. Ketika Anda mencari kata kunci ekor panjang pastikan juga memiliki tingkat pencarian yang banyak dan sedikit kompetitor Anda, agar bisa menempati posisi pertama dan mendapatkan jumlah klik yang cukup lumayan.

Anda bisa menemukan kata kunci ekor panjang dengan menggunakan tools keywordtool.io atau bisa juga dengan tool satu ini yang cukup di gandrungi oleh para blogger, yaitu; ubersuggest.org.

# Menulis Artikel Panjang Kalau Bisa

Panjang, rinci,berguna dan inspirasi artikel yang mengikuti pedoman di atas, secara tidak sengaja akan memberi ekor panjang yang mungkin tidak terfikir oleh Anda saat melakukan riset kata kunci. Google sendiri juga menyukai artikel yang panjang dan relevan dengan mengupas tuntas sebuah masalah yang sedang di cari oleh pengguna internet.

Buatlah artikel yang sedetail mungkin tapi jangan membuat pembaca Anda bosan untuk membaca artikel Anda dan usahakan membuat kata kata yang unik agar pembaca suka dengan artikel Anda.

Perlu di catak semakin artikel panjang dan berguna semakin banyak kata kunci yang terkandung dan semakin banyak pula pengunjung yang datang. Panjang, rinci dan berguna adalah salah satu kunci sukses dari keberhasilan SEO blog Anda.

Demikian Artikel yang saya berikan mengenai cara melakukan optimasi seo onpage pada blog, semoga bermanfaat untuk Anda dan Pembaca yang lain.

Sejarah Singkat SEO

Sejarah Singkat Search Engine Optimization (SEO)

belajar seo no 1 googleMengulas Sejarah Singkat Search Engine Optimization (SEO) – Search Engine Optimization disingkat dengan nama SEO adalah strategi pemasaran yang menganalisis apa yang dicari orang di internet. Prosedur ini melibatkan menentukan kata kunci apa atau frase kata kunci apa, orang yang menggunakan untuk masuk ke dalam kotak pencarian dalam mencari subjek tertentu.

 Apa itu SEO??

  Optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
  Mengoptimalkan website mungkin juga melibatkan pengeditan yang panjang lebar dalam website itu sendiri untuk lebih mencerminkan suatu konten lebih terfokus. Jika orang sedang mencari kata kunci tertentu, maka informasi yang muncul setidaknya harus memberi penjelasan tentang topik itu. Jadi pengeditan konten yang sebenarnya dari situs web, pengerjaan ulang kode HTML, dan menambahkan lebih banyak backlink untuk memberikan situs yang lebih relevan di internet dapat menambah kredibilitas situs tersebut.
Semua ini mulai terjadi kembali ketika mesin pencari mulai mengirim spiderbot yang bekerja untuk menjelajahi (crawling) situs-situs baru sehingga mereka bisa diindeks (indexing) dalam katalog pada server mesin pencari. Informasi tentang halaman, isinya dan relevansi dengan subyek, jumlah backlink ke situs, dan bobot untuk kata-kata tertentu dan berat keseluruhan halaman dalam hal informasi yang berkaitan adalah semua dipertimbangkan juga.
  Sebagai pengembang situs web mulai menangkap cara kerja mesin pencari dalam mengindeks dan mengklasifikasikan website, mereka mulai bekerja sedikit lebih keras untuk membuat situs mereka menjadi lebih menarik bagi mesin pencari. Istilah “search engine optimization” mulai umum digunakan sekitar tahun 1997.
  Optimasi awal bergantung pada meta tag dan penempatan kepadatan kata kunci, dan menjanjikan beberapa keberhasilan yang cepat untuk sementara sampai mesin pencari menentukan bahwa jenis manipulasi tidak diizinkan karena menempatkan terlalu banyak kontrol yang salah di tangan webmaster. Tujuan dari mesin pencari adalah untuk memberikan informasi terkait sehubungan dengan istilah pencarian yang diperhitungkan oleh pengunjung web, bukan untuk memiliki yang diisi kata kunci menjadi faktor utama hasil pencarian.
  Mesin pencari kembali dengan algoritma yang lebih kompleks, yang membuatnya lebih sulit untuk webmaster terlalu cepat untuk mendominasi sebuah niche atau subjek yang lebih luas. Rencana mesin pencari adalah untuk membuat representasi lebih tepat dari pencarian permintaan muncul di posisi atas.
  Dua mahasiswa Stanford (Larry Page dan Sergey Brin) mendirikan sebuah istilah yang disebut PageRank, yang memberikan hasil yang tepat dari apa yang orang sedang cari. Mereka juga memberikan nilai link dari halaman ke halaman sebagai penentu utama bagaimana populer halaman ini dalam kaitannya dengan orang lain.
  Pada tahun 1998 dua mahasiswa ini mendirikan Google, yang mulai meraih pengikut karena kesederhanaan dan kemampuan pencarian yang dirancang dengan baik. Kecanggihan mesin pencari Google mulai mendahului “gamer”, atau orang-orang yang akan mencoba untuk mengakali analisis Google untuk peringkat yang baik.
  Ini telah menjadi pertempuran berkelanjutan antara Google dan webmaster karena masing-masing memainkan permainan algoritma. Telah ditemukan, namun jika Webmaster hanya akan memberikan google apa yang diinginkan, maka peluang untuk meningkatkan peringkat sangat cepat.
  Bahan utama yang akan membawa hari adalah konten yang baik yang memberikan penjelasan yang baik pada halaman web dari subjek kata kunci yang diminta. Jika semua rencana dan alur tidak dilakukan semua itu dengan sangat baik maka penekanannya harus disempitkan dari materi subyek ke niche lebih kecil sehingga materi subyek dapat lebih fokus pada apa yang pengunjung sedang dicari.
Menurut Danny Sullivan, istilah Search Engine Optimization (SEO) pertama kali digunakan pada tanggal 26 Juli 1997 oleh sebuah pesan spam yang di-posting di Usenet. Pada masa itu, algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.

  Versi awal algoritma pencarian sepenuhnya didasarkan pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs/web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword).
  Sebagian webmaster akan melakukan menipulasi dengan cara menuliskan kata kunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya sehingga mesin pencari akan salah menempatkan dan akan membuat peringkat terhadap situs tersebut. Hal ini akan menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian, baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relavan dan berkualitas. Larry Page dan Sergey Brin adalah dua mahasiswa doktoral ilmu komputer Universitas Stanford yang berusaha mengatasi permasalahan tersebut. Mereka akhirnya mebangun mengandalkan perhitungan matematika untuk membuat peringkat halaman web.
  Algoritma tersebut bernama Page Rank, yaitu fungsi matematika yang kompleks berupa kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis terhadap kualitas masing-masing link tersebut.
  Backrub hanyalah sebuah permulaan. Pada tahun 1998, Page dan Brin mendirikan Google yang merupakan versi tingkat lanjut dari Backrub. Dalam waktu singkat, Google memperoleh reputasi dan kepercayaan dari publik pengguna internet karena berhasil menyajikan hasil pencarian yang berkualitas(tidak dimanipulasi), cepat, dan relavan. Page Rank lantas menjadi standar, baik bagi mesin pencari lain maupun bagi webmaster yang berusaha agat situs/web-nya memperoleh nilai Page Rank yang setinggi mungkin sehingga menempati posisi tertinggi pada hasil pencarian.
Baca Juga : Obat Diabetes

Mengetahui Google Webmaster Tool

Google Webmaster Tools adalah  pelayanan web tanpa biaya oleh Google untuk webmaster. Hal ini memungkinkan webmaster untuk mengecek status pengindekan dan mengoptimalkan visibilitas situs Web Kita.  Webmaster memiliki alat yang memungkinkan untuk:

  • Kirim dan periksa sitemap.
  • Periksa dan mengatur tingkat perayapan (crawl rate), dan melihat statistik tentang bagaimana Googlebot mengakses situs tertent.
  • Menghasilkan dan memeriksa file robots.txt. Hal ini juga membantu untuk menemukan halaman yang diblokir dalam robots.txt secara sengaja.
  • Daftar halaman internal dan eksternal yang menghubungkan ke situs.
  • Dapatkan daftar link yang rusak untuk situs Kita. Hal ini kerap terjadi.
  • Lihat  kata kunci apa dalam pencarian di Google yang menyebabkan situs yang terdaftar di SERPs, dan klik melalui harga daftar tersebut
  • Melihat statistik tentang bagaimana Google mengindeks situs Kita, dan jika menemukan kesalahan saat melakukann pengindekan.
  • Mengatur domain pilihan (misalnya lebih memilih example.com http://www.example.com lebih atau sebaliknya), yang menentukan bagaimana URL situs ditampilkan dalam SERPs
  • Sorot untuk elemen pencarian Google data terstruktur yang digunakan untuk memperkaya entri pencarian hit (dirilis pada bulan Desember 2012 sebagai Google Highlighter)
  • Menerima pemberitahuan dari Google untuk hukuman manual.

Google Analytics menunjukkan jumlah lalu lintas sebuah situs web, seperti link internal dan eksternal ke situs Kita, terlepas dari mana mereka berasal dan apa istilah/kata pencarian yang digunakan. Ini menunjukkan apa istilah/kata pencarian terbanyak pada situs seseorang dalam daftar. Saya juga heran bin kagum, melalui webmaster google kita juga bisa mengetahui banyak artikel yang dikunjungi dengan kueri-nya. Selain itu kita bisa mengetahui konten mana yang ditaut oleh situs lain. Semakin banyak tautan artinya page rank kita akan naik.

Baca Juga : Obat Kutil Kelamin

Cara Mudah Belajar SEO

Cara Mudah Belajar SEO


Belajar SEO
Sudahkah Anda mempunyai blok atau website ? Anda bingung, karena
pengunjungnya sangat sedikit, Kenapa ? padahal  blog atau website Anda
sudah ok, templatenya keren dan profesional, Link bahkan navigasi blok
juga ok, tapi kalau pengunjungnya sangat sedikit  rasanya ada yang
kurang. Penyebabnya mungkin kurang mendalami ilmu SEO baik secara
sederhana sekali sampai mahir menjalani teknis – teknis SEO. Kali ini
saya akan mencoba memaparkan kepada Anda rahasianya  teknik ampuh
meng-optimalkan Search Engine agar blog mendapatkan page range dengan
hit yang tinggi.

Apa itu SEO ????

SEO adalah kepanjangan dari Search Engine Optimization
yaitu serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang
bertujuan untuk meningkatkan trafik dari search engine menuju alamat web
tertentu, dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma mesin pencari tersebut.

Tujuan utama SEO
adalah menempatkan suatu alamat situs web pada posisi teratas atau
setidaknya pada halaman pertama hasil pencarian search engine(10 besar
SERP) berdasarkan subyek atau keyword tertentu. Secara
logis, alamat situs / blog  yang menempati posisi teratas hasil
pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung
lebih banyak..

Yang harus diperhatikan adalah platform blog dan script yang digunakan untuk membangun blog apakah HTML, XHTML, ASP, PHP,CGI, dll,  akan mempengaruhi optimasi SEO,
apakah blog yang anda gunakan platform wordpress atau blogger
(blogspot) atau CMS lainnya . Karena wordpress dan blogspot dibangun
oleh platform script yang berbeda, jadi ada beberapa hal yang mungkin
berbeda dalam cara
optimasi SEO
-nya.

Dalam blog online bisnis
ini saya mencoba membuat berapa postingan yang berhubungan dengan SEO
atau teknik seo untuk blog/website. Saya tidak bermaksud menggurui Anda,
karena saya juga hanyalah seorang pemula yang pernah gagal dalam
menjalani bisnis di internet. Saya hanya memberikan gambaran buat
teman-teman yang masih pemula metode-metode dasar yang mungkin akan
berguna jika diterapkan di blog dengan platform blogspot maupun di
script plat form website.

Secara garis besar teknis SEO
dikelompokkan menjadi 2 tahapan, yaitu SEO onpage (teknik SEO yang
dilakukan pada halaman blog atau segala teknis SEO yang berada didalam
website/blog), dan SEO off page (teknik SEO yang diterapkan di luar
halaman blog), saya sarankan anda melakukan tahap pertama kemudian
lanjut ke tahap kedua, atau bisa juga melakukan secara simultan.
Berarti extractnya bahwa teknis SEO adalah usaha kita untuk
meningkatkan pengunjung atau traffic dari search engine seperti Google, Yahoo maupun MSN.
Berarti sebelum kita menjalani SEO kita harus terlebih dahulu merakit
web atau blog kita dengan menggunakan strategy SEO untuk diluncurkan ke
search engine seperti google, yahoo, MSN dan Social BookMark atau site directory.
Dan usaha kita untuk  memanfaatkan dan mengoptimalkan search engine
agar dapat meningkatkan pengunjung atau traffic ke web atau blog kita
adalah suatu teknis SEO.

  Sebelum Anda mempelajari lebih dalam tentang SEO , Anda harus mengerti  juga apa itu  ON
Page SEO, OFF Page SEO, Black SEO, White SEO, Link, Anchor Text,
Pagerank, Nofollow, Dofollow, memilih Keywords dan design web yang SEO
Friendly.
Agar mempermudah Anda dalam menyempurnakan ilmu Anda mengenai SEO .

On Page SEO, adalah segala teknis SEO yang berada dalam website atau blok kita :

1. Perhatikan isi dari pada blog atau web Anda dengan teknis dasar SEO

Pertama Kali setelah buat blog/website yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut :

1. Tittle atau Judul postingan,
Pilih topik atau judul utama blog Anda yang benar-benar Anda kuasai,
agar content terlihat original, sajikan dengan bahasa yang bersahabat.
Pilihlah judul blok atau web Anda yang Niche ( bersifat society) dan
yang umum yang sering dicari orang. Sesuaikan antara judul atau tittle
dengan keyword dan tag keyword yang akan diindeks oleh search engine
nantinya. Perhatikan heading yaitu Title atau judul utama website/blog
Anda. Sesuaikan Judul/Title dengan keywords yang akan anda optimisasi.

2.  Tag Keyword

Perhatikan dalam menentukan Tag dan Keywords yang sesuai dengan Isi Blog anda. Contohnya berikut  ini :

<meta
name=“keywords” content=“sukses bisnis online, belajar mudah seo,tips
bisnis online, blog online bisnis, langkah awal bisnis online, cara
cerdas meningkatkan pagerank” />

Tentukan Tag untuk Description blog anda. Seperti contoh berikut ini :

<meta name=”description” content=”Cara Sukses Bisnis Online” />

3. Link Navigasi 

 blok
atau web harus tersusun secara rapi supaya mudah dilihat dan tidak
membingungkan pengunjung dan menghindarkan error pada saat indeks
content oleh search engine.

4. Broken Link,

pastikan tidak ada link yang rusak di blog Anda, agar tidak terjadi error pada saat diindeks oleh search engine.

5. Domain mengandung Keyword,

Buatlah nama domain untuk blog atau web Anda dengan ringkas, mudah diingat dan yang penting mengandung teknis SEO keyword.

2.  Perhatikan isi postingan atau isi artikel pada blog Anda

  1. Perbanyak postingan dengan page tertentu sangat mempengaruhi dalam mengoptimalkan posisi Anda pada search engine.
  2. Perhatikan
    judul postingan atau page pada artikel Anda, usahakan agar judul page
    artikel Anda mengandung 250 kata pertama pada index keywords.
  3. Perbanyak
    Redirect pada link yang menuju pada web atau blog Anda, karena pada
    search engine untuk memberi penilaian pada sebuah website apakah website
    tersebut layak ditempatkan pada halaman pertama atau tidak adalah
    dengan menilai berapa banyak link yang mengarah ke website Anda, maka
    semakin tinggi posisi Anda pada search engine.
  4. Penggunaan Bold, Italic, tanda kutip, Underline, perbedaan warna sangat berpengaruh besar dalam mengoptimalkan suatu keyword.
  5. Memanipulasi
    keyword pada website atau blok Anda, untuk memanipulasi keyword pada
    website, Anda dapat menambahkan script pada website Anda. Anda dapat
    mencari beberapa keyword yang efektif dengan cara menggunakan software pencari keyword .

Setelah proses diatas Anda jalani lanjutkan dengan mendaftarkan website atau blog Anda ke search engine Google, Yahoo dan MSN dan Social BookMarking  seperti Technoratti, digg.com, Dmoz.com, myspace.com, myblogblog.com.

OFF Page SEO, adalah Segala Teknik SEO yang ada diluar website :

  1. Link Exchange
    atau tukeran link, cara ini sudah terbukti dan banyak digunakan blogger
    . Ampuh meningkatkan Page Range ( PR ), Tipsnya adalah bertukar link
    dengan blok yang topiknya sama dengan blok atau website kita, ada
    baiknya bertukar link dengan blok yang page ranknya lebih tinggi.
  2. Berikan Anchor Text yang tepat saat tukeran link atau memberikan backlink pada artikel anda yang sudah lama. Anda juga harus memperhatikan Anchor Text
    pada saat membuat link ke arah website Anda. Kenapa website Adobe
    berada pada peringkat tertinggi di google untuk kata kunci “click here”
    itu, karena banyak sekali website yang terdapat link ke arah halaman itu
    dengan kata: Download Adobe Reader, click here. Kata “click here
    tersebut yang disebut Anchor text karena berupa link. Usahakan link
    yang mengarah ke website Anda sesuai dengan keyword yang menjadi sasaran
    Anda.
  3. Stay up to date, Pengguna internet umumnya bertujuan mencari informasi terbaru diblok yang mereka kunjungi, buat blok Anda up to date.
  4. Adanya One way Backlink
    (Backlink satu arah) kepada artikel yang memiliki topik yang sama,
    sangat berpengaruh besar kepada Index anda di Search Engine.
  5. Iklan Baris, Situs iklan baris memiliki posisi yang cukup strategies untuk mempromosikan blok atau website kita di mata mesin pencari.

Black SEO,
adalah hal-hal yang dilarang pada SEO, jika Anda menjalankan larangan
ini, maka website Anda akan di-blacklist search engine ( tidak diindeks )
:

  1. Membuat doorway, yaitu halaman khusus buat search engine yang tidak berguna bagi pengunjung situs Anda.
  2. Memasang link di website Anda yang termasuk kategori “ bad neighborhood ”, yaitu situ-situs yang sudah di-blacklist ( termasuk link farm ).
  3. Mengikuti program paid link.
  4. Content pada blog Anda sama persis dengan isi blog lain
  5. Membangun link dalam jumlah yang sangat besar dalam waktu singkat.

Search
engine saat ini sudah semakin canggih, buatlah website atau blog Anda
berbobot dan berguna bagi pengunjung, maka website Anda akan banyak
dikunjungi orang dari seluruh dunia.

White SEO, teknis SEO yang diizinkan oleh Search Engine atau teknis SEO yang tidak melanggar aturan Search Engine seperti :

  • Halaman yang unik, asli, bermutu (bukan copy paste dari sumber lain)
  • Halaman yang didesign untuk manusia, bukan untuk search engine.
  • Link dalam halaman tersebut berhubungan dengan isinya.
  • Metadata (title, description, keyword) yang benar-benar mendeskripsikan isi.
  • Design web yang baik secara umum.

Search Engine tidak menyukai ( halaman ini akan hilang dari database mesin pencari atau berada di urutan paling buncit ) :

  • Halaman yang mempengaruhi keakuratan atau relevansi search result.
  • Halaman yang redirect ke halaman lain (doorway)
  • Banyak situs atau halaman yang isinya sama.
  • Halaman yang sebagian besar isinya berisi atau link ke halaman website lain, misalnya isinya tentang program-program afiliasi.
  • Web dengan jumlah hostname virtual yang sangat banyak.
  • Halaman yang sangat banyak, dibuat secara otomatis tanpa isi yang bernilai (cookie-cutter pages)
  • Halaman yang menggunakan metode artifisial (buatan) untuk mempengaruhi search engine rangking.
  • Halaman yang menggunakan teks atau link yang tidak terlihat pengunjung.
  • Halaman yang berbeda dilihat search engine dan pengunjung normal (cloaking).
  • Terlalu banyak link ke situs lain untuk mempopulerkan situs tersebut ( link schemes ).
  • Halaman yang dibuat dengan tujuan utama untuk Search Engine dengan banyak keyword dan tidak relevan.
  • Penggunaan nama atau merek yang bukan haknya.
  • Situs yang membuka banyak pop-ups, menginstall malware, spyware, virus, trojans, atau mempengaruhi user navigation browser pengunjung.
  • Halaman yang terlihat seperti kecurangan atau penipuan

PageRange ( PR ),
adalah tingkat  traffic yang berasal dari search engine, semakin hit
yang tinggi pada PR kita besar kemungkinan  banyaknya pengunjung ke blog
atau website kita. Pagerank merupakan ukuran penting atau tidaknya
sebuah halaman web yang dibuat oleh Google. Semakin banyak halaman web
lain yang link ke halaman tersebut, maka Pagerank akan semakin tinggi.
Google mengkombinasikan jumlah link dan kualitas isi untuk mengurutkan
peringkat web dalam search engine. PR terendah adalah 0 dan tertinggi
adalah 10.

PageRank adalah sebuah algoritma yang telah
dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih
penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari
Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan  Sergey Brin yang
merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford.

Cara kerja Page Rank

Sebuah
situs akan semakin populer jika semakin banyak situs lain yang
meletakkan link yang mengarah ke situsnya, dengan asumsi isi/content
situs tersebut lebih berguna dari isi/content situs lain. PageRank
dihitung dengan skala 1-10.

Contoh: Sebuah situs yang
mempunyai Pagerank 9 akan di urutkan lebih dahulu dalam list pencarian
Google daripada situs yang mempunyai Pagerank 8 dan kemudian seterusnya
yang lebih kecil.

Konsep kerja Page Range

Banyak cara digunakan search engine dalam menentukan kualitas/rangking sebuah halaman web, mulai dari penggunaan META Tags, isi dokumen, penekanan pada content dan masih banyak teknik lain atau gabungan teknik yang mungkin digunakan. Link popularity, sebuah teknologi yang dikembangkan untuk memperbaiki kekurangan dari teknologi lain (Meta Keywords, Meta Description) yang bisa dicurangi dengan halaman yang khusus di desain untuk search engine atau biasa disebut doorway pages. Dengan algoritma ‘PageRank’ ini, dalam setiap halaman akan diperhitungkan inbound link (link masuk) dan outbound link (link keuar) dari setiap halaman web.

PageRank, memiliki konsep dasar yang sama dengan link popularity, tetapi tidak hanya memperhitungkan “jumlah” inbound dan outbound link.
Pendekatan yang digunakan adalah sebuah halaman akan diangap penting
jika halaman lain memiliki link ke halaman tersebut. Sebuah halaman juga
akan menjadi semakin penting jika halaman lain yang memiliki rangking
(pagerank) tinggi mengacu ke halaman tersebut.

Dengan pendekatan yang digunakan PageRank,
proses terjadi secara rekursif dimana sebuah rangking akan ditentukan
oleh rangking dari halaman web yang rangkingnya ditentukan oleh rangking
halaman web lain yang memiliki link ke halaman tersebut. Proses ini
berarti suatu proses yang berulang (rekursif). Di dunia maya, ada jutaan
bahkan milyaran halaman web. Oleh karena itu sebuah rangking halaman
web ditentukan dari struktur link dari keseluruhan halaman web yang ada
di dunia maya. Sebuah proses yang sangat besar dan komplek.

Backlink, adalah
sebuah link atau teks yang berada di situs lain atau situs kita sendiri
yang jika kita klik maka akan menuju ke suatu halaman lainnya dan ini
disebut backlink untuk halaman yang dituju tersebut. Teks dari link ini
biasanya berupa anchor text atau teks singkat yang biasanya adalah kata
kunci dari halaman tujuan tersebut.

Fungsi dari backlink
sangat penting untuk meningkatkan popularitas suatu situs atau biasa
dikenal dengan pagerank yang jadi sebuah ukuran otoritas dan pentingnya
situs tersebut terutama oleh mesin pencari seperti Google.

Disadari atau tidak, backlink merupakan salah satu hal yang bisa
meningkatkan nilai jual. Mulai dari google pagerank sampai dengan alexa
rank. Yang jelas, ini dikarenakan backlink merupakan salah satu
parameter popularitas sebuah web/ blog.

Nofollow & Dofollow,  adalah
kode HTML yang memerintahkan search engine tidak mempertimbangkan link
tersebut dalam menghitung peringkat halaman web. Tanpa attribute
nofollow, sebuah link bersifat dofollow dan dapat meningkatkan ranking
halaman yang dituju link tersebut. Blog atau web dengan link komentar nofollow
adalah bagus di lihat dari sisi SEO, tetapi saat ini banyak orang yang
mencari backlink dan lebih menyukai komentar dengan attribute dofollow. Ini menyebabkan blog dengan link komentar dofollow banyak dikomentari orang. Meskipun demikian, mayoritas pengguna Internet tidak memperhatikan sebuah link adalah nofollow atau dofollow. Biasanya pengunjung yang berkomentar dalam blog/web adalah karena tertarik dengan isinya.
Keywords,
Sebagai seorang newbie dalam dunia blogging sering muncul pertanyaan
kira-kira dari mana datangnya pengunjung blok ? Apakah dari blok lain
atau mesin pencari ? Kalau dari mesin pencari Google, Yahoo, MSN dan
kemudian apa kata kunci yang sering pengunjung gunakan untuk menemukan
blok tersebut ? tentunya untuk mengetahui informasi jenis apa sebenarnya
yang dicari oleh pengunjung blog atau website Anda. Dengan informasi
tersebut Anda menjadi tahu artikel jenis apa yang menjadi sumber traffic
blog Anda. Dengan mengetahui keyword berdasarkan teknis SEO kita bisa
lebih fokus untuk menjadikan isi website atau blok kita menjadi hit
tertinggi pada Page Range. Berkut ini adalah strategy keywords yang
wajib diterapkan agar Page Range pada blog dan website Anda menjadi hit
yang tinggi :

  1. Cara memilih kata untuk judul postingan website ( Blog ) dengan Google Keyword Tools.
  2. Cara memilih kata untuk judul postingan website ( Blog ) dengan Google Serach Tools.
  3. Cara memilih keyword ( kata kunci ) untuk label blok dengan Google Keyword Tool
  4. Kata Kunci sebagai strategy SEO.

SEO Anchor Text dan Teknis Optimasi SEO Pada Search Engine

       Anchor text
(teks jangkar) adalah  suatu teks yang berada di antara html tag, atau
lebih sederhananya yaitu teks  berisi tautan ke sebuah halaman. Teks
jangkar  merupakan salahsatu faktor utama yang menentukan/meningkatkan
kenampakan (visibility) di website/blog  pada search engine result page
/SERP (hasil penelusuran mesin pencari).  Teks yang dijadikan anchor
text akan dianggap oleh search engine sebagai keyword dengan bobot yang
lebih tinggi dibanding dengan teks biasa.

     Anchor Text dapat meningkatkan pageview, memper backlink dan meningkatkan trafik.
Sudah pasti, bahwa Anda semua sangat ingin memperoleh banyak backlink.
Menurut para webmaster, backlink yang berkualitas dapat meningkatkan PR
sebuah blog atau situs.
Design web yang SEO Friendly, adalah proses desain website yang memperhatikan aspek-aspek SEO sehingga web design yang dihasilkan mampu memenuhi standar & teroptimalkan agar terindeks oleh search engine di Internet. Jadi, selain memperhatikan estetika dan keindahan web design itu sendiri; dalam proses pembuatannya, SEO Friendly Web Design juga memperhatikan hal-hal teknis seperti tata letak / layout, heading, deskripsi, kata kunci, dan sebagainya.

Panduan SEO Untuk Pemula

PANDUAN SEO UNTUK PEMULA

Belajar SEO adalah sesuatu yang bisa memusingkan untuk para pemula, jadi
dirasa perlu untuk membuat panduan yang bisa menuntun teman-teman
blogger pemula untuk melakukan SEO secara bertahap. Diharapkan anda bisa
belajar SEO dengan lebih mudah jika anda melakukan tahap demi tahap
dari tutorial SEO ini.

MATERI 1: APA ITU SEO? DAN CARA KERJA SEARCH ENGINE

Sebelum memulai ada baiknya anda mengetahui apa itu SEO. SEO adalah
sebuah singkatan dari SEARCH ENGINE OPTIMIZATION atau OPTIMASI MESIN
PENCARI. Secara sederhana bisa dikatakan bahwa SEO adalah segala upaya
yang dilakukan untuk membuat halaman web kita menjadi ranking di mesin
pencari yang dikehendaki.

Tujuan dari melakukan SEO tentu saja untuk mendapatkan trafik dari mesin
pencari itu sendiri. Kenapa orang mencari trafik? Alasan pada umumnya
adalah trafik itu mempunyai nilai komersil, atau potensi bisnis. Jadi
orang menghabiskan waktunya belajar SEO sebagian besar dikarenakan oleh
alasan ekonomi, yaitu mencari income dari websitenya.

Masalah terbesar dari orang-orang yang belajar SEO adalah mau cepat jadi
master tapi tidak mau melalui prosesnya. Jika anda mempunyai cara
pandang seperti itu, maka ada baiknya anda membuangnya, karena cara
pandang seperti itu justru akan membuat anda berputar-putar di tempat.
Anda harus mau melalui proses di dalam belajar SEO dengan benar, jika
anda mau berhasil. Luangkan waktu 1 sampai 2 bulan ke depan untuk
melakukan setiap tahap dengan benar.

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memahami cara kerja dari
mesin pencari. Mereka yang tidak paham dengan cara kerja mesin pencari
akan cenderung berpikir optimasi SEO yang dilakukannya tidak berhasil,
dan mereka berhenti di tengah jalan. Jadi di sini saya merekomendasikan
anda membaca artikel di bawah ini.

Untuk memberikan anda bayangan yang lebih mendalam dari keseluruhan
proses belajar SEO ke depannya saya juga merekomendasikan anda membaca
artikel di bawah ini, karena SEO anda bisa menemui kesulitan kalau anda
tidak melihat korelasi dari hal-hal yang dijelaskan di dalam artikel
berikut.

Terakhir; dalam usaha anda memahami SEO dan cara kerja search engine;
anda harus berkenalan dengan 3 algoritma Google yang paling sering
menjadi topik di dunia SEO. Anda perlu mengetahui ini agar anda tidak
melanggar batas-batas yang bisa mendatangkan penalty di dalam optimasi
SEO anda nantinya.

MATERI 2: MEMBUAT BLOG DENGAN BANYAK NICHE ATAU SATU NICHE

Niche atau topik adalah sesuatu yang perlu anda perhatikan saat anda
belajar SEO untuk membuat website atau blog. Niche adalah market atau
pasar tertentu. Sebagai contoh; otomotif dan kuliner adalah niche yang
berbeda. Di dalam satu Niche seperti otomotif pun ada niche-niche yang
lebih spesifik lagi, seperti mobil, motor, balap, dll

Setiap niche mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda, dan market yang
berbeda pula. Ada banyak hal yang perlu anda perhatikan jika anda mau
membuat sebuah website dengan banyak niche, dan oleh karena itu saya
mengajak anda membaca artikel di bawah ini.

 

MATERI 3: CARA MELAKUKAN RISET KATA KUNCI

Setelah anda belajar apa itu SEO dan cara kerja Search Engine; anda juga
sudah belajar batasan algoritma yang harus anda perhatikan, maka
langkah selanjutnya adalah mengenal istilah kata kunci. Kata kunci
adalah sesuatu yang diketikkan oleh pengguna Google saat mencari
sesuatu.

Sebagai contoh website yang menjual kamera ingin menguasai kata kunci:
JUAL ONLINE KAMERA, dan masih banyak lagi variasi kata kunci lainnya.
Satu hal yang menjadi masalah adalah tidak semua kata kunci itu
mempunyai jumlah pencarian yang besar, jadi anda harus menentukan kata
kunci apa yang menjadi target utama dari optimasi SEO anda.

2 hal yang cukup umum berlaku di kata kunci adalah:

  • Semakin pendek, maka semakin keras pula persaingannya
  • Keras persaingan tidak menentukan nilai komersil kata kunci. Jadi
    berusahalah mencari kata kunci komersil yang belum dilirik banyak orang
    (persaingan rendah)

Lebih lengkap masalah riset kata kunci ini anda bisa membaca artikel di bawah ini:

 

MATERI 4: CARA MELAKUKAN OPTIMASI SEO ONPAGE

Setelah anda mengetahui apa itu kata kunci, dan kata kunci apa yang anda
inginkan, maka langkah selanjutnya adalah mengetahui bagaimana cara
menggunakan kata kunci tersebut di dalam website anda. Jika anda salah
dalam meletakkannya, maka bisa jadi anda harus bekerja lebih keras untuk
memenangkan kata kunci tersebut.

Silahkan anda belajar teknik SEO onpage di bawah ini. Mungkin anda
memerlukan sedikit pengetahuan HTML untuk melakukannya. Jika anda
mempunyai masalah dalam melakukan editing, anda bisa masuk ke
forum-forum blogger di facebook dan bertanya, atau bahkan meminta
bantuan editan.

 

MATERI 5: CARA MENCARI BACKLINK

Setelah anda membenahi halaman website anda, maka langkah selanjutnya
adalah menambah reputasi online anda di internet. Anda bisa menambah
otoritas dari domain atau halaman web anda dengan menambahkan backlink
yang merujuk halaman web anda.

Backlink adalah tautan atau link di halaman website lain, yang jika
diklik akan membuka halaman dari website dioptimasi. Semakin banyak
backlink yang diperoleh, maka akan semakin banyak sumber poin yang
diperlukan untuk mendapatkan ranking.

Ini adalah proses tersulit saat anda belajar SEO, karena ini memerlukan
begitu banyak varian teknik,d an juga bisa sangat memakan waktu. Saya
sangat merekomendasikan anda belajar cara mendapatkan backlink dari
artikel di bawah ini.

 

MATERI 6: TOOLS GRATIS YANG BISA ANDA PERGUNAKAN

Tentunya anda memerlukan tools untuk membantu anda mendapatkan data-data
yang penting saat melakukan optimasi SEO. Saya memberikan tools yang
gratis saja, karena kebanyakan blogger tidak mau mengeluarkan biaya
mahal jika mereka tidak yakin bagaimana cara menggunakannya, dan apakah
itu benar-benar ada gunanya.

Tahap Belajar SEO Cepat dan Mudah

Tahap Belajar SEO Cepat dan Mudah

Blog ini berisi tentang tahapan tahapan belajar seo
dengan cepat dan mudah. Saya menyarankan agar anda yang mau atau ingin
membuat Blog anda berkualitas dan tentunya memiliki traffic yang tinggi,
maka ikutilah tahap belajar seo ini secara urut dan teratur, agar tidak
terjadi kesalahpahaman atau kebingungan. Blog ini sudah disusun secara
sistematis agar para pembaca dapat mempelajari dengan cepat dan mudah
 

TAHAP BELAJAR SEO #1 Mengenal SEO (Search Engine Optimization)

Pada tahap ini
akan belajar tentang pengetahuan seputar SEO, konsep, dan
persiapan-persiapannya. SEO atau yang disebut SEARCH ENGINE OPTIMIZATION
merupakan teknik membuat blog atau website anda mempunyai page rank dan
traffic yang tinggi. Dan juga saat mengoptimalkan pencarian di mesin
pencari. Untuk membahas lebih lanjut silahkan anda membaca disini SEARCH ENGINE OPTIMIZATION.
 

TAHAP BELAJAR SEO #2 Menentukan Blog Apa Yang Akan Anda Buat 

 
 
Pada
pembelajaran ini anda akan saya ajak untuk berfikir dan berfantasi
sejenak seperti apakah gambaran blog yang akan anda buat, apakah blog
yang membahas teknologi, Agama, Software, dll. Atas dasar apakah anda
membuat blog seperti itu. Untuk mengoptimalkan SEO anda harus mempunyai
TOPIK tertentu, karena untuk memainkan SEO anda harus memiliki
konsistensi dalam membuat topik. Untuk belajar SEO diper lukan waktu dan konsistensi agar dalam tahap belajar, tidak terjadi kebingungan. Silahkan baca di MENENTUKAN IDE BLOG

TAHAP BELAJAR SEO #3 Mengoptimalkan Blog Dengan Teknik SEO On Page

 
 
Setelah anda cukup paham dan mengerti tentang Dasar dasar SEO, Selanjutnya mari kita belajar mengoptimalkan SEO
dengan cepat dan mudah lewat teknik SEO ON PAGE. Disini anda akan tahu
faktor faktor apa sajakah yang berperan dalam mengoptimalkan mesin
pencari. Dan nantinya akan saya posting tutorial step by step tentang
praktik seo onpage. Langsung saja silahkan membaca di BELAJAR SEO ONPAGE
 

TAHAP BELAJAR SEO #3 Mengoptimalkan Blog Dengan Teknik SEO Off Page

 



Pada pembelajaran SEO terdapat juga yang namanya SEO OFFPAGE. Teknik ini
merupakan teknik yang populer, karena melibatkan media sosial,
forum-forum, media media yang lainnya. Tetapi menggunakan teknik off
page yang berlebihan dapat mengancam Blog atau website, maka dari itu
kami sarankan agar anda tidak melakukan over optimization demi
mengamankan blog atau website anda. Tapi saya sarankan agar anda tetap
melakukan Teknik yang satu ini. Lebih lanjutnya silahkan anda menuju ke BELAJAR SEO OFFPAGE

Tips Jitu Cepat Belajar SEO Untuk Pemula

Tips Jitu Cepat Belajar SEO untuk Pemula

Belajar Seo
Belajar
Teknik Seo, hampir setiap saat saya mendengar kata-kata tersebut, namun
apakah yang  harus diketahui dan pelajari agar lebih cepat  memahami
teknik-teknik search engine  Optimization paling jitu. Tulisan  ini ana
uraikan pada para pembaca Situs ini Bagaimana Cara Mudah Belajar SEO bagi pemula:
 
Tahap Awal Cara Mudah belajar seo bagi pemula merupakan Cara Riset Kata Kunci
 
Pada
Tahap Awal ini sebenarnya bagian yang  paling terasa berat, karena pada
tahap ini agan akan menemukan tantangan yang rumit  untuk menetapkan apa
yang sesuai untuk situs agan- agan. Namun merasa patah semangat untuk
terus  mencoba, karena para jagoan seo pun terus mencoba  saat
menentukan keyword atau kata kunci apa yang cocok,  tapi gak sembarang
coba. Pastinya dipermudah dengan tools yang khusus  dalam menentukan
kata kunci. Jangan takut tools free, yakni software dari google adword,
karena alat  mampu memperoleh hasil yang lebih optimal.  Dalam Pemilihan
keyword yakni janagan mengambil keyword atau kata kunci yang lagi
ramai dan banyak diperebutkan, saran ane  sebaiknya hindari kata kunci
tersebut dari pada sampean  akan cepat putus aza. 
 
Tahap Dua Cara Mudah Belajar Seo bagi pemula adalah paham dengan Basic bagian webblog – OnPage Seo
 
Pada
bagian-bagian basic pada  seo sebenarnya terdapat di:  Judul halaman,
Meta, yang  terbagi m3njadi dua bagian, ialah meta kata kunci dan meta
description. Sedangkan untuk Body yang wajib dip3rhatikan adalah bagian
cara  penulisan heading dan seterusnya,  Hal ini karena pada penggunaan
heading memberikan pengaruh didalam kinerja  bagi search Engine.
Sebaiknya  menggunakan heading dengan ‘lebih bijak’, yaitu H1 Hanya pada
judul utama, H2  bagian Keyword turunan} dan seterusnya. {Hasilnya
akan|Dampaknya lumayan dasyat dan lebih optimal.  Hanya dengan
melakukan pada dasar  bagian untuk blog agan, ana kira bagian-bagian
aturan dari SE telah  terpenuhi. Sebenarnya masih  ada banyak yang
dilakukan, namun yang didahulu kan  basicnya harus terpenuhi.
 
Tahap Tiga Cara Cepat Belajar Seo adalah  Membangun Backlink & Blog walking – OffPage Seo
 
Ini
merupakan bagian yang penting.  Ana tidak harus merincikan
penjelasannya karna sobat  pastinya sudah lebih tahu  cara tersebut.
Intinya bagaimana Web  sampean memperoleh  Eksternal dari Web orang lain
yang  setopik kalau itu bisa  diterapkan, seandainya  tidak tidak papa.
Dari beberapa situs yang ana selama ini yang memiliki Link keluar
dengan WebSite yang gak satu topik  pastinya kurang sret, namun  lumayan
menambah poin supaya untuk  menaikkan page Rank. Sama halnya dengan
blog walking, yaitu dengan  cara berkomentar yang tentunya baik dan
relefan dengan topik di  sejumlah Web bertujuan  memperoleh eksternal
link ke  blog ente.
 
Pada umumnya apabila  melakukan format WebSite yang benar,  agan sudah termasuk  optimasi untuk WebSite yang  agan miliki. 
 
Itulah cara mudah belajar seo bagi newbie,  basic dari Belajar SEO. Serta yang perlu  anda ketahui Belajar seo
sama seperti dengan metode  lainnya… Adalah harus rajin jangan
pernah patah semangat untuk selalu belajar  dan berusaha serta FOKUS,
FOKUS, FOKUS.

Belajar SEO

 

 

 Meningkatkan SEO Pada Website

 

Hasil gambar untuk SEO

Apa yang dimaksud dengan SEO? Bagi seorang yang sudah
memiliki  website, SEO adalah suatu istilah yang mesti  dan haruslah
dipahami. Secara gampang SEO adalah Search Engine Optimization
adalah suatu proses yang bisa meningkatkan volume dan juga kualitas
kunjungan dari suatu website melalui suatu mesin pencari yang ada
seperti google.com dengan carayg alami  dan tidak bayar atau gratis.

Secarateori halaman  website bisa menduduki posisi yang berada di atas
atau bisa juga terdepan yang berada pada daftarmesin pencari yang
berdasarkan dari kata kunci tertentu. Untuk meningkatkan SEOpada website perlu dilakukan dengan cara follow up.

 Follow up merupakan salah satu cara untuk meningkatkan seo pada
website. Hal ini dilakukan karena SEO merupakan aliran darah bisnis pada
toko online.
Jika jantung berhenti berdenyut maka, toko maya Anda
juga bisa saja berhentu. Jangan melakukan sesuatu hal yang sifatnya
spam. Spamming ini bisa mengakibatkan penurunan bukan malah meningkatkan SEO pada website  sehingga turunnya kredibilitas kita sehingga tidak aka nada yang mau membeli pada usaha online
Anda. SEO juga bisa dilakukan untuk promosi yang harganya murah lewat
internet. Bisa juga dilakukan dengan fans page yang berada pada situs di
Facebook, dan juga submit yang dilakukan ke direktori bisnis online
serta juga social bookmark. Dan selain itu juga dengan cara mengirimkan
email kepada teman Anda dan orang-orang yang Anda kenal. Jangan pernah
juga melakukan spam pada email.

 Hal yang sulit yang bisa
dilakukan untuk meningkatkan SEO pada website agar bisa dikenali oleh
search engine namun setidaknya terdapat beberapa hal yang bisa
dipertimbangkan agar halaman website Anda menjadi optimal, yakni seperti
dibawah ini :

  1. Memilih keyword yang tepat.
  2. Faktor-faktor yang bisa optimal.
  3. Daftarkanlah kembalo situs website Anda kepada semua pencari
  4. Link Exchange
  5. Pengawasan dan mengoptimalisasikan ulang
  6. Perhatikanlah isi dari situs website Anda

Meningkatkan SEO pada  website Anda bisa dilakukan juga dengan cara dibawah ini :

  1. Memilih konten yang sifatnya berkualitas
  2. Menemukan link yang relevan
  3. Memasukkan situs tersebutke direktori
  4. Menambahkan site map
  5. Sabar dan mencoba jalan yang lain.

Teknik SEO

SEO adalah usaha-usaha untuk meningkatkan volume dan
kualitas trafik sebuah website dari pencarian search engine melalui
berbagai teknik. Dengan kata lain SEO
adalah strategi-strategi yang bisa dilakukan para pengembang web untuk
membuat situs mereka mudah ditemukan dalam pencarian-pencarian search
engine sehingga menghasilkan hit atau ranking yang tinggi.  Secara
alamiah makin awal urutan sebuah situs yang dihasilkan pada pencarian
search engine atau mesin tinggi ranking situs dalam hasil pencarian,
akan semakin banyak pengguna internet yang berkunjung ke situs kita. Teknik SEO dibagi menjadi dua yaitu teknik on page dan teknik off page. Teknik SEO onpage
selalu dilakukan dengan cara mengatur dari dalam website atau blog,
seperti memaksimalkan keyword dan deskripsi agar lebih mudah diraba oleh
mesin pencari Sedangkan teknik offpage adalah pemanfaatan ruang diluar
blog. Cara ini dirasa sangat efektif mendongkrak popularitas dari sebuah
blog.

Teknik SEO onpage :

Beberapa prinsip dasar optimasi dengan onpage adalah:

  1. Menata meta HTML, seperti membuat korelasi yang dapat antara keyword, deskripsi, dan konten.
  2. Memerhatikan judul artikel tiap kali kita memposting artikel. Judul
    artikel sangat berpengaruh terhadap proses pencarian pada mesin pencari.
  3. Memerhatikan tiap kata dalam artijel. Pada isi artikel, kita bisa
    melakukan onpage SEO dengan memperbanyak kata-kata yang mendekati atau
    sama dengan keyword yang kita miliki.
  4. Mengusahakan kalimat pertama alinea pertama mampu mencakup keyword dan deskripsi blog.
  5. Memberikan kode unik pada beberapa tag HTML.
  6. Memberikan keyword pada tag link.
  7. Memasukkan keyword pada gambar. Tiap kali mengupload gambar di dalam
    artikel, sebaiknya kita menaruh keyword diantara dua tanda petik (“ ”)
    setelah teks alt. Hal ini disebabkan sebuah gambar tidak mampu dikenali
    oleh mesin pencari, untuk itu kita masukkan keyword pada alt untuk
    mendukung teknik SEO onpage yang kita lakukan.

Untuk mendukung kegiatan teknik SEO onpage, kita dapat
memanfaatkan fasilitas google analystic untuk mengetahui tingkat
kepadatan trafik dari website atau blog kita.
Dengan menggunakan
google analystic kita dapat membuat repory tentang trafik website atau
blog dalam jangka waktu hariang, mingguan, atau bulanan. Untuk
mendapatkan fasilitas dari Google ini, sebelumnya kita harus mendaftar
terlebih dulu.

  1. Buka alamat google analystic di https://ww.google.com/analystic/.
    Bila Anda kesulitan dalam bahasa yang digunaakn. Anda bisa memilih
    pengaturan bahasa dengan bahasa Indonesia di pojok kanan atas tampila
    web ini.
  2. Klik Daftar Sekarang bila Anda belum memiliki akun di Google Analystic.
  3. Masukkan alamat email dan password untuk membuka akun baru di google analystic. Kemudian  klik Sign In.
  4. Klik Sign Up untuk melanjutkan registrasi.
  5. Masukkan alamat URL web Anda, kemudian atur Zona Waktu Negara atau Daerah dengan Indonesia kemudian Continue.
  6. Isi data diri Anda, dan klik Continue.
  7. Beri tanda centang dibawah form persetujuan tersebut sebagai syarat Anda mematuhi aturan dari Google analystic.
  8. Kemudian klik buat akun baru, agar Anda bisa masuk ke google analystics.
  9. Setelah masuk ke halaman baru pada halaman ini Anda diminta untuk
    meletakkan script HTML yang ada pada website atauu blog anda. Jangan
    klik finish yang ada dibawah form script HTML tersebut, tetapi masuklah
    kea kun blogger terlebih dahulu. Copy terlebih dahulu script tersebut.
  10. Masukkan kea kun Blogger Anda dan pilih halaman edit HTML Anda.
  11. Kemudian cari kode </head> Anda bisa menggunakan fasilitas
    Ctrl+F untuk memudahkan pencarian. Kemudian copy kode HTML yang ada pada
    halaman Gogle analystics tadi dan paste kode tersebut diatas kode
    </head> yang ada pada halaman Edit HTML pada akun Blogger Anda.

 

SEO Untuk Toko Online

 SEO untuk toko online adalah Seacrh Engine
Optimization, teknik yang bisa membuat website Anda berada di halaman
depan hasil pencarian search engine.
Harus diperhatikan, jika
tidak Anda akan rugi besar tanpa hasil apapun. Yakni jangan pernah beli
domain, sewa web hosting dan memasang iklan berbayar untuk berlatih
membuat website dan SEO untuk toko online.
Selalu gunakan yang gratis, kalaupun bayar haruslah yang sangat murah.
Untuk promosi jangan gunakan Googe adwords, Facebook ads, iklan PPC (pay
per klik) dimana Anda diharuskan membayar setiao kali ada orang yang
klik iklan Anda karena sangat mahal. Walaupun harganya hanya Rp. 200,-
per 1000 klik tetap saja bisa bikin Anda bangkrut.

Selain mahal, setelah maa tayang iklan Anda habis, pengunjung ke
website Anda juga bisa habis. Resiko Anda tanggung sendiri. Kecuali Anda
memiliki pendapatan minimal 50 juta perbulan. Langkah yang cerdik
adalah menggunakan teknik SEO untuk toko online karena murah bahkan
gratis, dan pengunjung yang kita dapat, datang dari search engine secara
terus menerus tanpa batas waktu dan dalam waktu yang lama.

Salah satu yang sangat mempengaruhi berkembangnya dunia marketing
adalah pemanfaatan teknolohi online sebagai trendsetter. Bagaimana trend
ini mempengaruhi dunia marketing> Marketing online popular sejalan
dengan makin populernya penggunaan internet. Sebelum adanya marketing
online, kegiatan marketing membutuhkan biaya yang tidak sedikit.
Akibatnya banyak perusahaan kecil atau yang baru bertumbuh tidak mampu
melakukan aktvitas marketing secara optimal. Menjamurnya jejaring social
sepert Facebook ini membuka peluang usaha dengan lebih baik dan
berbiaya relative lebih murah. Misalkan kita menggunakan program iklan
yang baru dibayar ketika ada orang yang mengklik iklannya. Biaya
pemasangan iklan pun disesuaikan dengan alokasi yang ada. Sebelum adanya
marketing online  cara beriklan yang sangat fleksibel ini belum pernah
ada. Ini adalah inovasi dalam marketing online. Masih ada lagi inovasi lain yaitu SEO untuk toko online. SEO
lebih ditujukan untuk mengoptimalkan halaman-halaman website agar
menempati posisi tertinggi dalamnhasil pencarian data oleh mesin pencari
data. Sudah bukan rahasia lagi jika pengelola website berusaha keras
agar websitenya selalu menduduki ranking pertama dan paling tidak TOP-10
dalam hasil pencarian data oleh Google atau Yahoo. Tujuan utama SEO
adalah untuk memudahkan orang lain dalam mendapatkan berbagai informasi
yang paling akurat sesuai dengan criteria yang dibutuhkan.

Belajar SEO

Anda sering membaca istilah SEO? Bagi seorang pemiliki web, SEO adalah istilah penting yang mesti dipahami. Secara gampang, SEO alias Search Engine Optimization
adalah proses meningkatkan volume dan kualitas kunjungan ke suatu
website melalui esin pencari seperto goggle.com dengan cara natual dan
tidak berbayar. Secara teori halaman web bakal mendapat volume kunjungan
yang tinggi bila bsia menduduki posisi teratas atau terdepan didaftar
mesin pencari berdasarkan kata kunci tertentu. Kesalahan-kesalahan
yang sering dilakukan oleh pemiliki toko online sehingga mereka gagal
dalam kaitan dengan pengelolaan SEO web.
Riset adalah kata
kuncinya. Jika Anda gagal meriset kata kunci, akan susah memperoleh
pengunjung. Tentunya harus rajin mencari backlink agar voting menuju
website kita dari website lain menjadi banyak dan mempengaruhi posisi
website kita di mesin pencari (search engine).

Hal lain yang menjadi faktir kegagalan adalah  follooow up kepada calon pelanggan. Follow
up adalah jantung bisnis toko maya (toko online), sedangkan visitor
yang salah satunya dibangun dengan SEO web adalah aliran darah bisnis
toko online.
Kalau jantung berhenti berdenyut, toko maya kita juga
bisa berhenti. Jangan lakukan spam! Spamming juga bisa mengakibatkan
turunnya kredibilitas kita sehingga tidak ada yang mau membeli toko maya
kita.



Tips dan trik yang murah
meriah diinternet dalam mempromosikan toko online adalah dengan
mengandlkan SEO web, membuat fans page di situs facebook dan submit ke
direktori bsinis serta social bookmark. Selain itu, juga dengan
mengirimkan email ke teman-teman dekat yang dikenal. Jangan pernah
melakukan spam melalui e-mail. Membangun image ke calon konsumen hingga
mereka merasa nyaman ddan aman bertransaksi dengan kita adalah
menggunakan nama asli. Tampilkan foto diri sendiri diwebsite. Anda
cantumkan alat lengkap diwebsite dengan semua kontak untuk menghubungi
Anda. Agar mudah dihubungi dan menjawab dengan cepat semua pertanyaan
pelangan atau calon pelanggan Anda.

Optimasi mesin pencari atau SEO web
adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang
betujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui
mesin pencari menuju situs wen tertentu dengan memanfaatkan mekanisme
kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO web adalah
menempatkan sebah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman
pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang
ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada
hasil pencarian memiliki peluang lebihbesar untuk mendapatkan
pengunjung. Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan
internet sebagai media binis, kebutuhan SEO juga semakin meningkat.
Jiksa situs sebuah perusahaan berada pada posisi teratas hasil pencarian
akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web
untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah
pihak untuk menawarkan jasa optimasi mesin mencari bagi
perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha diinternet.

Apa yang dimaksud dengan Rangking Website?

Rangking Website adalah posisi penampilan website
Anda di hasil search engine. Sebuah hasil pencarian yang ditampilkan
oleh search engine disebut sebagai SERP (Search Engine Result Page). Nah, tujuan dari Anda melakukan atau Belajar SEO
adalah untuk menempatkan website Anda pada posisi hasil SERP pada
keyword yang Anda inginkan. Istilah keyword ini adalah sama dengan kata
pencarian. Setiap Anda memasukkan kata pencarian di kotak google, maka
kata-kata tersebut disebut dengan keyword. Baik kata pencarian yang
dimasukkan hanya satu kata atau maupun berupa rangkaian kalimat.

Google dalam melakukan proses rangking website di hasil SERP nya
tentunya tidak dilakukan dengan manual, tetapi menggunakan sofware
dengan algoritma (rumus) tertentu, yang merupakan rahasia google untuk
menentukan website mana yang lebih relevan dan akan ditampilkan pada
posisi lebih dulu dihasil pencarian.

Dan kita sebagai pemilik website, yang ingin agar websitenya
ditampilkan di hasil search, tentunya harus memperhatikan faktor-faktor
apa saja pada umumnya yang memberikan pengaruh signifikan terhadap
sebuah rangking. Karena bukan hanya dengan Anda membuat website, lalu
mengisinya dengan konten yang bagus dan yang banyak, akan membuat
website Anda tampil dihalaman utama google begitu orang mencari kata
pencarian Anda. Tanpa Anda memperhatikan atau mengaplikasikan SEO,
website Anda tidak akan muncul dimanapun atau muncul dihasil pencarian
halaman kesekian…. yang tentunya tidak ada orang yang melihat dan
mengklik website Anda.

Jarang sekali orang membuka halaman pencarian lebih dari 3 halaman,
maka dari itu, target utama Anda tentunya harus muncul dihalaman
pertama, dan minimal dihalaman kedua.

 Google seperti search engine lainnya menggunakan software
dengan algoritma (rumus) tertentu, yang akan otomatis untuk membaca,
menganalisa, membandingkan dan mengurutkan halaman website Anda.

Dan hasilnya ditampilkan ke pengguna search engine. Karena yang
menganalisa website Anda adalah software, yang bukan manusia, maka
hal-hal visual dari website Anda seperti layout, warna, flash, animasi,
dan grafik tidak dilihat oleh google. Melainkan text-text diwebsite
Andalah yang dilihatnya.

Nah, bila Anda mau memulai belajar SEO, Anda bisa mulai dari materi
di website ini, yang akan membekali Anda untuk melakukan SEO terhadap
website Anda.

Belajar SEO – Search Engine Optimization

Apa itu SEO? Search Engine Optimization
atau yang lebih dikenal dengan singkatan SEO merupakan kegiatan yang
dilakukan oleh webmaster / pemilik website untuk meningkatkan posisi
websitenya pada hasil pencarian di search engine / mesin pencari, hal
ini dilakukan dalam rangka untuk menjaring atau mendapatkan pengunjung
dari mesin pencari seperti google, yahoo, bing, dan dari search engine
lainnya.

Mengapa mereka melakukan SEO – Search Engine Optimization?

Tidak lain dan tidak bukan karena bila webmaster / pemilik website
berhasil mendapatkan posisi atas dihalaman pertama dari hasil pencarian
yang sesuai dengan kata pencarian / keyword yang dibidiknya, maka ia
akan mendapatkan pengunjung langsung dari search engine / mesin pencari
yang merupakan targeted visitor, potensial buyer atau potensial reader
untuk websitenya.

Disebut potensial buyer atau reader, dikarenakan pengunjung tersebut
sedang mencari informasi pada search engine / mesin pencari dan kemudian
ditampilkan oleh mesin pencari tersebut daftar website yang dianggap
paling sesuai menurut algoritma search engine tersebut, dan pengunjung
tersebut akan membuka website-website tersebut yang salah satunya adalah
website Anda. Dan bila memang informasi yang ditampilkan di website
Anda sesuai, maka Anda bisa mendapatkan keuntungan dari sales atau klik
iklan dari pengunjung tersebut. Hal ini tergantung dari apa yang
ditampilkan di website Anda.

Apakah Anda menawarkan produk yang berhubungan dengan informasi yang dicari pengunjung tersebut…

Apakah Anda menawarkan jasa seputar informasi yang dicari pengunjung tersebut…

Atau Anda menampilkan informasi atau artikel disertai banner atau text
iklan PPC – pay per click yang menampilkan iklan seputar informasi yang
dicari oleh pengunjung tersebut…

Dengan keadaan seperti ini maka sales akan bisa terjadi untuk produk
dan jasa yang Anda tawarkan dan juga iklan ppc yang ditampilkan akan
lebih banyak diklik oleh pengunjung website Anda, karena pengunjung
tersebut memang sedang mencari informasi dan memerlukan solusi, yang
mana solusi tersebut bisa ditawarkan oleh produk dan jasa Anda atau
melalui pihak ketiga lain yang ditampilkan iklannya di website Anda.

Maka dari itu, bila Anda menjalankan bisnis di internet, bisnis
apapun itu, sangat disarankan Anda untuk belajar seo dan menerapkan
prinsip-prinsip SEO – Search Engine Optimization, agar
website Anda ditampilkan posisinya dengan baik oleh search engine di
keyword atau kata pencarian yang tepat yang sesuai dengan bisnis Anda.
Dengan cara ini maka website Anda bisa mencari calon pembeli sendiri dan
menghasilkan uang, tanpa Anda perlu berpromosi yang lain seperti
menyewa tempat pemasangan banner iklan di website lain, mengiklankan
website Anda melalui iklan ppc dan juga promosi lainnya.

Bila website Anda sudah terindex di posisi dan keyword yang tepat
maka Anda tinggal menunggu sales. Sales ini akan ditentukan oleh hot
atau tidaknya market Anda, apakah produk Anda merupakan produk kebutuhan
atau hanya produk pelengkap, apakah produk Anda memberikan solusi yang
dicari pengunjung tersebut dan juga tergantung harga yang ditawarkan
oleh Anda masuk budget pengunjung Anda atau tidak.

Kesimpulannya, SEO atau Search Engine Optimization merupakan suatu
hal yang penting saat ini, yang akan menunjang kesuksesan website Anda
di Internet. SEO merupakan salah satu metode pemasaran yang penting.

Apakah belajar SEO itu mudah atau sulit?

 Belajar SEO
tidak sulit tapi juga tidak terlalu mudah, yang perlu dilakukan adalah
menerapkan prinsip-prinsip dasar dalam optimasi website dari sisi
internal dan eksternal. Dan bila konsisten dilakukan, posisi website pun
akan Anda capai dan website Anda akan bisa mencari pembeli sendiri dan
menghasilkan uang.

Belajar Mengenal SEO

Pengertian dan Mempelajari SEO ( Search Engine Optimization )

SEO (Search Engine Optimization) atau optimisasi mesin pencari
merupakan serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis dan
otomatis agar web/blog yang anda buat berada pada posisi teratas pada
situs mesin pencari (Google, Yahoo, MSN, dll) yang bertujuan untuk
meningkatkan jumlah dan kualitas traffic dari mesin pencari menuju
alamat situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami
algoritma mesin pencari tersebut.

Tujuan spesifik SEO adalah menempatkan suatu alamat situs web pada
posisi teratas (atau setidaknya pada halaman pertama) hasil pencarian
berdasarkan subyek tertentu. Secara logis, alamat situs yang menempati
posisi teratas hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk
mendapatkan pengunjung.

Kunci sukses sebuah web/blog salah satunya adalah traffic atau
banyaknya pengunjung yang memngunjungi web/blog. Blog akan dikatakan
sukses jika mampu mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya. Traffic
yang tinggi adalah tanda bahwa blog tersebut digemari oleh pengunjung
setianya. Kebanyakan pengunjung akan memilih website yang berada pada
posisi atas. Salah satu cara yang efektif untuk mendatangkan pengunjung
dengan search engine dengan memasukkan kata kunci atau keyword tertentu
dalam mesin pencari tersebut.

Ada beberapa cara umum yang dapat dilakukan untuk mendapatkan posisi paling bagus di Search Engine, antara lain :

1. Konten/isi

Sebgian besar orang dalam mengisi suatu website apapun informasi yang
didapt lebih banyak dengan Copy Paste. Sebagai contoh anda ingin
mengisi website mengenai informasi kesehatan, dapat dipastikan ada 100
atau bahkan lebih website dengan judul yang sama dari bentuk penulisan,
bahasa penulisan dengan copy paste. Sistem Search Engine hanya akan
memilih salah satu website dengan bentuk, bahasa, dan gaya penulisan
yang lebih menarik dan unik. Jadi buatlah website dengan bahasa anda
sendiri semenarik mungkin agar mendatangkan pengunjung lebih banyak
lagi.

2. Pemilihan keyword yang mau di optimasi

pastikan kita memilih keyword yang memiliki persaingan sedang dan
kecil, jangan coba-coba bersaing dengan keyword besar ( misal keyword
cellphone ) kecuali kalo kamu punya dana besar. Berikut tempat untuk
membuat riset keyword :

Free Wordtracker, Keyword Suggestion Tool,  SEOBook Keyword Tool

3. Gunakan Title dan Meta yang pas

Pastikan titlle di page website kamu sesuai dengan target keyword
yang anda tuju, atau setidaknya setiap page memiliki titlle yang unik /
sama dengan judul page sertakan juga Meta keyword , Description dipasang

4. Link building

Selain konten / isi yang menarik , Link Building yang baik dan benar
juga merupakan faktor penting agar website berada diposisi atas dan
menarik pengunjung lebih banyak lagi. Berikut ada trik agarwebsite yang
anda buat atau yang anda miliki ada di website orang lain :

– Submit ke direktori

– Link exchange

– Buat artikel , submit artikel ( dalam artikel ada link website kita) : ezinearticles.com , etc.

– Submit comment – comment , signature forum dll.

– Buat themes, template , sertakan link url anda di footer .

Jadi SEO ( search Engine Optimization ) harus dimiliki oleh para
pemilk web / blog agar para pengunjung atau para pengguna internet dapat
dengan mudah mencari informasi yang dibutuhkan, buatlah sebagus dan
semenarik mungkin agar web / blog yang anda buat terindex atau dikenali
oleh seluruh pengguna internet di seluruh dunia.