Sejarah Singkat SEO

Sejarah Singkat Search Engine Optimization (SEO)

belajar seo no 1 googleMengulas Sejarah Singkat Search Engine Optimization (SEO) – Search Engine Optimization disingkat dengan nama SEO adalah strategi pemasaran yang menganalisis apa yang dicari orang di internet. Prosedur ini melibatkan menentukan kata kunci apa atau frase kata kunci apa, orang yang menggunakan untuk masuk ke dalam kotak pencarian dalam mencari subjek tertentu.

 Apa itu SEO??

  Optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
  Mengoptimalkan website mungkin juga melibatkan pengeditan yang panjang lebar dalam website itu sendiri untuk lebih mencerminkan suatu konten lebih terfokus. Jika orang sedang mencari kata kunci tertentu, maka informasi yang muncul setidaknya harus memberi penjelasan tentang topik itu. Jadi pengeditan konten yang sebenarnya dari situs web, pengerjaan ulang kode HTML, dan menambahkan lebih banyak backlink untuk memberikan situs yang lebih relevan di internet dapat menambah kredibilitas situs tersebut.
Semua ini mulai terjadi kembali ketika mesin pencari mulai mengirim spiderbot yang bekerja untuk menjelajahi (crawling) situs-situs baru sehingga mereka bisa diindeks (indexing) dalam katalog pada server mesin pencari. Informasi tentang halaman, isinya dan relevansi dengan subyek, jumlah backlink ke situs, dan bobot untuk kata-kata tertentu dan berat keseluruhan halaman dalam hal informasi yang berkaitan adalah semua dipertimbangkan juga.
  Sebagai pengembang situs web mulai menangkap cara kerja mesin pencari dalam mengindeks dan mengklasifikasikan website, mereka mulai bekerja sedikit lebih keras untuk membuat situs mereka menjadi lebih menarik bagi mesin pencari. Istilah “search engine optimization” mulai umum digunakan sekitar tahun 1997.
  Optimasi awal bergantung pada meta tag dan penempatan kepadatan kata kunci, dan menjanjikan beberapa keberhasilan yang cepat untuk sementara sampai mesin pencari menentukan bahwa jenis manipulasi tidak diizinkan karena menempatkan terlalu banyak kontrol yang salah di tangan webmaster. Tujuan dari mesin pencari adalah untuk memberikan informasi terkait sehubungan dengan istilah pencarian yang diperhitungkan oleh pengunjung web, bukan untuk memiliki yang diisi kata kunci menjadi faktor utama hasil pencarian.
  Mesin pencari kembali dengan algoritma yang lebih kompleks, yang membuatnya lebih sulit untuk webmaster terlalu cepat untuk mendominasi sebuah niche atau subjek yang lebih luas. Rencana mesin pencari adalah untuk membuat representasi lebih tepat dari pencarian permintaan muncul di posisi atas.
  Dua mahasiswa Stanford (Larry Page dan Sergey Brin) mendirikan sebuah istilah yang disebut PageRank, yang memberikan hasil yang tepat dari apa yang orang sedang cari. Mereka juga memberikan nilai link dari halaman ke halaman sebagai penentu utama bagaimana populer halaman ini dalam kaitannya dengan orang lain.
  Pada tahun 1998 dua mahasiswa ini mendirikan Google, yang mulai meraih pengikut karena kesederhanaan dan kemampuan pencarian yang dirancang dengan baik. Kecanggihan mesin pencari Google mulai mendahului “gamer”, atau orang-orang yang akan mencoba untuk mengakali analisis Google untuk peringkat yang baik.
  Ini telah menjadi pertempuran berkelanjutan antara Google dan webmaster karena masing-masing memainkan permainan algoritma. Telah ditemukan, namun jika Webmaster hanya akan memberikan google apa yang diinginkan, maka peluang untuk meningkatkan peringkat sangat cepat.
  Bahan utama yang akan membawa hari adalah konten yang baik yang memberikan penjelasan yang baik pada halaman web dari subjek kata kunci yang diminta. Jika semua rencana dan alur tidak dilakukan semua itu dengan sangat baik maka penekanannya harus disempitkan dari materi subyek ke niche lebih kecil sehingga materi subyek dapat lebih fokus pada apa yang pengunjung sedang dicari.
Menurut Danny Sullivan, istilah Search Engine Optimization (SEO) pertama kali digunakan pada tanggal 26 Juli 1997 oleh sebuah pesan spam yang di-posting di Usenet. Pada masa itu, algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.

  Versi awal algoritma pencarian sepenuhnya didasarkan pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs/web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword).
  Sebagian webmaster akan melakukan menipulasi dengan cara menuliskan kata kunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya sehingga mesin pencari akan salah menempatkan dan akan membuat peringkat terhadap situs tersebut. Hal ini akan menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian, baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relavan dan berkualitas. Larry Page dan Sergey Brin adalah dua mahasiswa doktoral ilmu komputer Universitas Stanford yang berusaha mengatasi permasalahan tersebut. Mereka akhirnya mebangun mengandalkan perhitungan matematika untuk membuat peringkat halaman web.
  Algoritma tersebut bernama Page Rank, yaitu fungsi matematika yang kompleks berupa kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis terhadap kualitas masing-masing link tersebut.
  Backrub hanyalah sebuah permulaan. Pada tahun 1998, Page dan Brin mendirikan Google yang merupakan versi tingkat lanjut dari Backrub. Dalam waktu singkat, Google memperoleh reputasi dan kepercayaan dari publik pengguna internet karena berhasil menyajikan hasil pencarian yang berkualitas(tidak dimanipulasi), cepat, dan relavan. Page Rank lantas menjadi standar, baik bagi mesin pencari lain maupun bagi webmaster yang berusaha agat situs/web-nya memperoleh nilai Page Rank yang setinggi mungkin sehingga menempati posisi tertinggi pada hasil pencarian.
Baca Juga : Obat Diabetes

Mengetahui Google Webmaster Tool

Google Webmaster Tools adalah  pelayanan web tanpa biaya oleh Google untuk webmaster. Hal ini memungkinkan webmaster untuk mengecek status pengindekan dan mengoptimalkan visibilitas situs Web Kita.  Webmaster memiliki alat yang memungkinkan untuk:

  • Kirim dan periksa sitemap.
  • Periksa dan mengatur tingkat perayapan (crawl rate), dan melihat statistik tentang bagaimana Googlebot mengakses situs tertent.
  • Menghasilkan dan memeriksa file robots.txt. Hal ini juga membantu untuk menemukan halaman yang diblokir dalam robots.txt secara sengaja.
  • Daftar halaman internal dan eksternal yang menghubungkan ke situs.
  • Dapatkan daftar link yang rusak untuk situs Kita. Hal ini kerap terjadi.
  • Lihat  kata kunci apa dalam pencarian di Google yang menyebabkan situs yang terdaftar di SERPs, dan klik melalui harga daftar tersebut
  • Melihat statistik tentang bagaimana Google mengindeks situs Kita, dan jika menemukan kesalahan saat melakukann pengindekan.
  • Mengatur domain pilihan (misalnya lebih memilih example.com http://www.example.com lebih atau sebaliknya), yang menentukan bagaimana URL situs ditampilkan dalam SERPs
  • Sorot untuk elemen pencarian Google data terstruktur yang digunakan untuk memperkaya entri pencarian hit (dirilis pada bulan Desember 2012 sebagai Google Highlighter)
  • Menerima pemberitahuan dari Google untuk hukuman manual.

Google Analytics menunjukkan jumlah lalu lintas sebuah situs web, seperti link internal dan eksternal ke situs Kita, terlepas dari mana mereka berasal dan apa istilah/kata pencarian yang digunakan. Ini menunjukkan apa istilah/kata pencarian terbanyak pada situs seseorang dalam daftar. Saya juga heran bin kagum, melalui webmaster google kita juga bisa mengetahui banyak artikel yang dikunjungi dengan kueri-nya. Selain itu kita bisa mengetahui konten mana yang ditaut oleh situs lain. Semakin banyak tautan artinya page rank kita akan naik.

Baca Juga : Obat Kutil Kelamin

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s